Workshop Studi Paket Pekerjaan Jasa Konsultansi Perencanaan Penyusunan Review RISPAM Regional Keburejo

By bidang_epw 19 Mar 2021, 14:39:41 WIB EPW

Berita Terkait

Berita Populer

Workshop Studi Paket Pekerjaan Jasa Konsultansi Perencanaan Penyusunan Review RISPAM Regional Keburejo

Sehubungan terjadinya perubahan perencanaan pada pembangunan SPAM Regional Keburejo, maka Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Tengah melakukan pekerjaan review Dokumen Rencana Induk Sistem Penyediaan Air Minum Regional Keburejo (RISPAM SPAM Regional Keburejo). Pekerjaan jasa konsultan review Dokumen RISPAM SPAM Regional Keburejo dilaksanakan oleh PT. Cipta Arta Kreasi Semarang pada tahun 2021 ini. 

Salah satu tahapan dalam penyusunan review dokumen RISPAM SPAM Regional Keburejo adalah kegiatan workshop yang dilaksanakan secara daring dan luring pada hari Kamis, tanggal 18 Maret 2021. Workshop diikuti oleh perwakilan dari Direktorat Air Tanah dan Air Baku Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, yang pada kesempatan tersebut diwakili pihak dari BBWS Serayu Opak Yogyakarta. Selain itu juga turut diundang perwakilan dari Direktorat Air Minum Ditjen Cipta KaryaKementerian PUPR, Kepala Dinas PU SDA dan Tata Ruang Provinsi Jawa Tengah, Bappeda Kabupaten Purworejo, Dinperkimtan Kabupaten Purworejo, Kepala BPPW Provinsi Jawa Tengah, Balai PSDA Probolo Dinas PUSDA Taru Provinsi Jawa Tengah, Dirut PDAB Tirta Utama Provinsi Jawa Tengah, Direktur PDAM Tirta Perwita Sari Purworejo dan Direktur PT. Cipta Arta Kreasi Konsultan.

Pada sesi paparan, konsultan memaparkan gambaran secara umum review dari dokumen RISPAM SPAM Regional Keburejo, dimulai dari gambaran umum wilayah study, kondisi sistem penyediaan air minum eksisting, kriteria teknis metoda dan standar pengembangan SPAM, proyeksi kebutuhan air, penyediaan kebutuhan air baku, rencana induk dan pra desain pengembangan SPAM, analisis keuangan dan pengembangan kelembagaan pelayanan air minum.

Pada sesi diskusi, dilakukan pembahasan rencana pengembangan SPAM Regional Keburejo sub sistem Purworejo. Pada Perjanjian Kerjasama (PKS), SPAM Regional Keburejo dengan kapasitas 200 lt/detik akan digunakan untuk pelayanan wilayah Pituruh dan Kemiri sebesar 50 lt/detik (masing-masing kecamatan akan mendapat jatah 25 lt/detik); Kecamatan Kutoarjo sebesar 100 lt/detik dan Kecamatan Purworejo sebesar 50 lt/detik. Dengan asumsi penambahan jumlah SR akan lebih banyak di Kecamatan Kutoarjo, maka diusulkan untuk pembangunan Jaringan Distribusi Utama (JDU) dari Kemiri ke Pituruh. 

Dari kapasitas 50lt/detk yang sudah terbangun untuk wilayah Kecamatan Kemiri dan Kecamatan Pituruh, baru 10 lt/detik yang dimanfaatkan. Sisanya sebesar 40 lt/detik belum dimanfaatkan sama sekali. Untuk itu, BPPW Provinsi Jawa Tengah meminta agar idle capacity sebesar 40 lt/detik bisa dimanfaatkan terlebih dahulu untuk layanan masyarakat Pituruh dan Kemiri, dari pada membangun Jaringan Distribusi Utama (JDU) ke wilayah Kutoarjo. Selain itu Pemerintah Daerah agar lebih pro aktif, agar penambahan jumlah SR minimal 4000SR bisa tercapai, mengingat penambahan jumlah SR-nya tergolong rendah. Jika Pemerintah Kabupaten kesulitan untuk penambahan jumlah SR, bisa diusulkan di Program Sejuta Sambungan Rumah dari kementerian PUPR. (/fse)

 

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment