RAPAT KOORDINASI POKJANAL POSYANDU TINGKAT PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2021

By Pemsosbud 17 Mar 2021, 09:13:52 WIB Pemsosbud

Berita Terkait

Berita Populer

RAPAT KOORDINASI POKJANAL POSYANDU TINGKAT PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2021

Pada hari Selasa tanggal 16 Maret 2021 pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Purworejo mengikuti Rapat Koordinasi Pokjanal Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah secara virtual dan diikuti oleh Bappeda, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan desa, Dinas Pendidikan, dan Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten se Jawa Tengah.

Dalam sambutannya Kepala Dipermades Provinsi Jawa Tengah menyampaikan maksud dan tujuan rapat koordinasi adalah untuk mereview kembali apa yang sudah dilakukan di tahun yang lalu dan sekaligus menyamakan persepsi. Melalui rakor Pokjanal Posyandu bisa mem back up, mengurangi, mengurai apa yang harus kita perankan dalam hal memerangi pandemi covid-19. Telah ditetapkan kabupaten/kota locus penanganan stunting di Jawa Tengah sehingga diperlukan upaya dari pemerintah dalam penccegahan dan penanggulangan stunting.

Melalui posyandu apabila berjalan eektif dan optimal merupakan lembaga strategis yang melakukan deteksi dini terhadap stunting sehingga mampu mewujudkan kesehatan masyarakat di Jawa Tengah apalagi di setiap desa sudah dialokasikan dana desa yang bisa untuk mem back up posyandu. Keberpihakan di tingkat bawah/ desa yang locus melalui peran serta desa diberdayakan, digugah setidaknya untuk penanggulangan stunting melalui kewaspadaan deteksi dini dan mengawal pertumbuhan balita dengan baik , dapat dicegah gizi buruk dan stunting.

Dilanjutkan dengan paparan materi :

  1. Nadi Santoso, Dipermades – Kebijakan Penguatan Pokjanal Posyandu.
  2. Dr. Wahyu Setyaningsih, M.Kes ((Epid), Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah – Pelayanan Posyandu pada Adaptasi Baru di Masa Pandemi Covid-19
  3. Dwi Widiastuti, Bappeda Provinsi Jawa Tengah – Kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Dalam Pencegahan Stunting.
  4. Upi Setya Widiastuti, TPP Provinsi Jawa Tengah – Progres Pendataan –Pemanfaatan Aplikasi eHDW.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment