RAPAT KOORDINASI PENGUATAN KEGIATAN PROGRAM PENANGGULANGAN MASALAH GIZI (PMG) DI KABUPATEN/KOTA JAWA TENGAH

By Pemsosbud 16 Mar 2021, 09:47:41 WIB Pemsosbud

Berita Terkait

Berita Populer

RAPAT KOORDINASI PENGUATAN KEGIATAN PROGRAM PENANGGULANGAN MASALAH GIZI (PMG) DI KABUPATEN/KOTA JAWA TENGAH

Dalam rangka mendukung optimalisasi upaya percepatan penurunan stunting terintegrasi di Jawa Tengah pada hari Senin tanggal 15 Maret 2021 pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai diselenggarakan rapat koordinasi Penguatan Kegiatan Program Penanggulangan Masalah Gizi (PMG) di Kabupaten/Kota Melalui Dukungan 8 Aksi Konvergensi Pencegahan Stunting Tahun 2021 secara Luring di ruang rapat lantai VI B Bappeda Provinsi Jawa Tengah dan daring melalui zoom meeting yang diikuti kabupaten/kota se Jawa Tengah.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Purworejo mengkoordinasi dan memfasilitasi peserta dari Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta Dinas Sosial Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kabupaten Purworejo untuk mengikuti zoom meeting di ruang rapat Bappeda kabupaten Purworejo.

Acara dibuka oleh Kepala Bappeda Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemerintahan dan Sosial Budaya, Drs. Edi Wahyono, M.Si. sekaligus menyampaikan Pengantar Rapat Koordinasi dengan presentasi materi Penanggulangan Masalah Gizi di Kabupaten/Kota dalam Rangka Mendukung Pencegahan Stunting Tahun 2021. Dalam paparan disampaikan isu strategis pembangunan di Jawa Tengah-Peningkatan Kualitas dan Daya Saing SDM-Cakupan Layanan Kesehatan termasuk bagi Masyarakat Miskin, perbaikan kesehatan ibu-bayi-anak, stunting, penyakit menular dan tidak menular, kesadaran perilaku bersih dan sehat.

Tantangan permasalahan gizi di Jawa Tengah :

1. Kematian Ibu

2. Kematian bayi

3. Kematian balita

4. Gizi Buruk

5. Stunting

6. Obesitas

Salah satu strategi Peningkatan akses dan Mutu Kesehatan melalui Program Peningkatan Kesehatan Ibu, dan Anak serta Pengendalian Reproduksi Remaja.

Kabupaten/Kota Prioritas Nasional di Jawa Tengah sebagai lokus pelaksanaan 8 aksi konvergensi stunting terintegrasi : tahun 2018 (11 kabupaten), tahun 2019 (1 kabupaten), tahun 2020 ( 4 kabupaten), tahun 2021 (15 kabupaten/kota) dan tahun 2022 ( 4 kota). Pemilihan & perluasan Kab/Kota lokasi fokus dlm intervensi penurunan stunting terintegrasi didasarkan pd kriteria:

  1. Kab/Kota dgn jumlah balita stunting;
  2. Kab/Kota dgn prevalensi balita stunting;
  3. Kab/Kota dgn praktik baik.

(Kep Menteri PPN/Ka Bappenas No: Kep 10/M.PPN/HK/02/2021 ttg Penetapan Perluasan Kab/Kota Lokasi Fokus Intervensi Penurunan Stunting Terintegrasi Th 2022)

Harapan dari Rapat Koordinasi Penguatan Kegiatan Program Penanggulangan Masalah Gizi (PMG) di Kabupaten/Kota melalui Dukungan 8 Aksi Konvergensi Pencegahan Stunting Tahun 2021 adalah :

  1. Teridentiikasi permasalahan, isu dan potensi pengembangan kegiatan, utamanya yang berhubungan dengan perubahan perilaku dan remaja.
  2. Meningkatkan sinergitas perencanaan pencegahan stunting di Jawa Tengah.
  3. Meningkatkan kapasitas daerah dalam perlindungan bagi masyarakat (utamanya remaja) dari potensi masalah gizi.
  4. Meningkatnya akses layanan untuk memperoleh asupan gizi cukup bagi RT 1000 HPK dan BUMIL.

Dilanjutkan dengan presentasi dari Tim Pendamping Ditjen Bina Bangda Kementerian Dalam Negeri dengan Materi Pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi Pencegahan Stunting di Jawa Tengah Tahun 2021. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah menyampaikan materi Pengukuran Stunting dan Deteksi Dini Anemi Remaja Putri Dalam Rangka Mendukung Pencegahan Stunting, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah menyampaikan materi Komunikasi Perubahan Perilaku Dalam Mendukung Penguatan Keluarga Untuk Pencegahan Stunting. Bappeda Kabupaten Blora memaparkan materi Implementasi Aksi Konvergensi Pencegahan Stunting Dalam Menjangkau Kelompok Sasaran Remaja dan Rumah Tangga Dengan 1000 HPK. Dan Bappeda Kota Pekalongan menyampaikan paparan dengan materi Tantangan Perencanaan Aksi Konvergensi Pencegahan Stunting.

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment