RAPAT KOORDINASI NASIONAL BIDANG PERPUSTAKAAN TAHUN 2021

By Pemsosbud 22 Mar 2021, 08:24:32 WIB Pemsosbud

Berita Terkait

Berita Populer

RAPAT KOORDINASI NASIONAL BIDANG PERPUSTAKAAN TAHUN 2021

Sesuai dengan RPJMN 2020-2024 dan RKP Tahun 20222 yang mengusung tema “Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural”, Revolusi Mental dan Pembangunan Kebudayaan tetap menjadi Program Prioritas Nasional dimana salah satu kegiatan yang dilakukan yaitu meningkatkan kualitas SDM dengan meningkatkan budaya literasi, inovasi, dan kreatifitas bagi terwujudnya masyarakat berpengetahuan dan berkarakter.

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan 2021 digelar 22-23 Maret 2021 di Jakarta melalui metode daring yang diikuti oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Purworejo. Seluruh insan perpustakaan dan pegiat literasi dari berbagai daerah di Indonesia siap berkumpul.

Mengusung tema Integrasi Penguatan Sisi Hulu dan Hilir Budaya Literasi dalam Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural, Rakornas Perpustakaan tahun ini bakal digelar secara virtual menggunakan zoom. Sebanyak 10.000 peserta bakal meramaikan beragam diskusi tentang banyak persoalan dan tantangan terkait pengembangan literasi di Indonesia.

Melalui Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan Tahun 2021 dibangun komitmen bersama dan ruang berbagi pengalaman antar pelaku pembangunan perpustakaan dan penggiat literasi di pusat dan daerah, diisi berbagai materi melalui sesi kebijakan dan dihadiri oleh 10.000 orang melalui aplikasi Zoom dan 5000 orang peserta melalui chanel Youtube mewakili kalangan pemerintah, seasta dan masyarakat yang berkecimpung dalam pengembangan perpustakaan dan literasi di seluruh Indonesia.

Di dalam rakornas ini nantinya akan dibahas tema-tema strategis yang di antaranya adalah, bagaimana dukungan Kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah dalam menguatkan Peran perpustakaan di tahun 2021. Ada juga tema tentang peran perpustakaan sekolah, perpustakaan perguruan tinggi, dan perpustakaan digital.

Tidak lupa juga ada sesi sharing pengalaman tentang tranformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial peranan inklusi sosial, Peran Perpustakaan khusus, Peran Bunda Baca hingga sharing rumah baca tanah ombang Padang




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment