Musrenbang RKPD Kabupaten Temanggung Tahun 2022 secara Virtual

By litbang 30 Mar 2021, 11:44:13 WIB litbang

Berita Terkait

Berita Populer

Musrenbang RKPD Kabupaten Temanggung Tahun 2022 secara Virtual

PURWOREJO – Pejabat struktural dan fungsional bersama-sama mengikuti Musrenbang RKPD Kabupaten Temanggung secara daring, dimulai pukul 10.00 – selesai. Sebelumnya telah diketahui bahwa Kabupaten Temanggung telah dinobatkan sebagai Juara 1 Tingkat Nasional untuk PPD Tahun 2020. Ini merupakan penghargaan paling bergengsi yang diberikan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Bappeda Provinsi Jawa Tengah memaparkan prioritas pembangunan tahun 2022, yakni “Peningkatan Perekonomian Daerah dan Kesejahteraan Masyarakat Didukung Penguatan Daya Saing Ekonomi dan SDM”. Terdapat empat poin dalam prioritas pembangunan ini:

  1. Penguatan pertumbuhan dan ketahanan ekonomi dengan memperhatikan keberlanjutan lingkungan hidup dan pemantapan ketahanan bencana,
  2. Penguatan percepatan pengurangan kemiskinan dan pengangguran,
  3. Percepatan pemulihan dan peningkatan kualitas hidup dan kapasitas SDM menuju SDM berdaya saing, serta
  4. Pemantapan tata kelola pemerintahan dan kondusivitas wilayah serta peningkatan kapasitas dan ketahanan fiskal daerah.

Bersama dengan Kabupaten Purworejo, Kabupaten Temanggung mendukung kegiatan strategis nasional dan Jawa Tengah, yakni percepatan dan pemerataan pembangunan ekonomi dengan pembangunan dan pengembangan infrastruktur serta kawasan industri pada Kawasan Purwomanggung dengan quickwin Kawasan Pariwisata Borobudur. Pada RKPD Kabupaten Temanggung Tahun 2022, tema yang diusung ialah “Penguatan Ekonomi Kerakyatan, Reformasi Sosial, dan Pembangunan Berkelanjutan”. Terdapat empat arah kebijakan& sasaran pembangunan:

  1. Penguatan ekonomi kerakyaatan terdampak Covid-19,
  2. Optimalisasi reformasi birokrasi (good governance),
  3. Penanggulangan kemiskinan terdampak Covid-19, serta
  4. Pemerataan pembangunan wilayah dan lingkungan hidup.

Kabupaten Temanggung merencanakan pendapatan di tahun 2022 sebesar Rp2.087.192.910.205,-, belanja sebesar Rp1.815.100.484.273,- serta anggaran program (rancangan 2022) sebesar Rp373.724.158.411,-. Acara Musrenbang dengan pemaparan narasumber serta sesi diskusi berlangsung dengan tertib dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. ~fid




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment