FORUM LINTAS PERANGKAT DAERAH DALAM RANGKA PENYUSUNAN RENCANA KERJA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2022.

By Pemsosbud 04 Mar 2021, 11:59:54 WIB Pemsosbud

Berita Terkait

Berita Populer

FORUM LINTAS PERANGKAT DAERAH DALAM RANGKA PENYUSUNAN RENCANA KERJA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2022.

Forum Lintas Perangkat Daerah dalam Rangka Penyusunan Rancangan Rencana Kerja Perangkat Daerah Kab. Purworejo Tahun 2022 hari ke2 dilaksanakan pada tanggal 2 Maret 2021 Ruang Rapat Bappeda Kabupaten Purworejo

Tujuan pelaksanaan Forum Lintas Perangkat Daerah ini antara lain guna memperoleh masukan dalam rangka penajaman target kinerja, sasaran, program dan kegiatan, lokasi dan kelompok sasaran dalam Rancangan Renja Perangkat Daerah Kabupaten Purworejo Tahun 2022.

Forum Lintas Perangkat Daerah diikuti oleh Sekretaris Daerah, Asisten III, Kepala OPD dan Camat yang mengikuti secara langsung atau melalui zoom meeting. Forum Lintas Perangkat Daerah Tahun 2021 dalam rangka Penyusunan RKPD Kabupaten Purworejo Tahun 2022. Dengan Tema 1. “Peningkatan Derajat Kesehatan dan Kualitas Pendidikan Untuk Mewujudkan Sumber Daya Manusia Unggul dan Berdaya saing” dan Tema 2. “Sinergitas Peningkatan Ketahanan Daerah Dalam Menghadapi Bencana dan Perubahan Iklim”.

Acara dimulai dengan Sambutan Sekretaris Daerah Kabupaten Purworejo, Drs. Said Romadhon, M.Si. Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kabupaten Purworejo menyampaikan 2 tema besar, Ada semua di SDGs Bidang kesehatan harus fokus, selain peningkatan SDM kesehatan, pembangunan puskesmas, utamanya adalah SPM kesehatan, stunting, angka kematian ibu bayi, prevalensi gizi buruk, ODF Tahun 2022 diatasi serius agar tidak menjadu permasalahan yang menonjol.

Di Bidang pendidikan ada permasalahan buta huruf sejak 2015, yang belum signfikan berkurang, sudah by name by addres. Regrouping SD untuk efisiensi pendidikan agar lebh baik diperhatikan. Untuk peningkatan kualitas guru, tidak perlu dengan cara belajar dari sekolah unggulan di luar daerah, cukup dicari di daerah sendiri, mana sekolah unggulan yang berprestasi, Kasek disuruh bercerita, share pengalaman praktis untuk diterapkan oleh yg lain. Masalah tenaga honorer, bisa ditata, sekarang baru tahap usulan formasi P3K. Jumlah guru menyusut karena pensiun sehingga tidak imbang.

IPM Kab. Purworejo tinggi melampaui nasional dan propinsi tetapi masih ada buta huruf, tolong dicermati lagi.

Selamat berdiskusi, jangan cerita sub kegiatan, tapi cerita capaian yang diharapkan di Tahun 2022. Sub kegiatan menggambarkan arah kesana.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala Bappeda, Ir. Bambang Jati Asmara, MT, MA

Diucapkan terimakasih kepada para Kepala OPD dan Camat yang telah hadir dan mau berdiskusi untuk keterpaduan program kegiatan dalam 2 tema di bidang pendidikan dan kebencanaan.

Sesuai Visi Bupati Purworejo : Purworejo berdaya saing 2025, dengan misi 5 (panca) daya saing, maka misi 1 dan 4 terkait dengan tema hari ini.

Karena Pandemi, ada learning lost, karena pembelajaran jarak jauh, mempengaruhi SDM, pendidikan kelompok milenial, kesehatan kelompok milenial, bebas stunting, capaian kinerja yang belum tercapai di pelayanan dasar, serta manajemen kebencanaan akan diulas oleh Bidang Pemsosbud, mohon masing-masing OPD menanggapi dengan paparan sekilas mau apa di Tahun 2022 untuk disinergikan program dan kegiatan dengan OPD lain

Minta maaf, sebentar lagi Bappeda akan ngerepoti OPD lagi dengan adanya input Rancangan Renja 2022 di SIPD serta akan dilakukan Desk terhadap hasil inputan Rancangan Renja 2022 di SIPD itu pada minggu ke 2 Bulan Maret 2021.

Paparan I dengan tema Peningkatan Derajat Kesehatan Dan Kualitas Pendidikan Untuk Mewujudkan SDM Unggul Dan Berdaya Saing disampaikan oleh Kabid Pemsosbud : Drs Fajar Dhewanto, MM

Paparan Kedua dengan tema Sinergitas Peningkatan Ketahanan daerah dalam Menghadapi Bencana dan Perubahan Iklim oleh Kasubid Kependudukan dan Pemberdayaan Masyarakat, Yeni Astuti, SSTP

Selanjutnya dilanjutkan paparan dari masing-masing OPD teknis untuk mensinergikan program dan kegiatan untuk mendukung tema dimaksud, dimulai dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Keolahragaan, Dinas Kesehatan, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan untuk termin pertama dan dilanjutkan diskusi serta tanggapan dari Kepala Bappeda dan Assisten III Sekda, Drs. Pram Prasetya Achmad, MM.

Termin kedua Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang, Dinas Lingkungan Hidup, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Sosial Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan dan Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadan Kebakaran dan dilanjutkan dengan diskusi serta tanggapan dari Kepala Bappeda dan Asisten III Sekda.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment