Get Adobe Flash player
Kamis, 05 Mei 2016
Dokumen dan Kegiatan
Jumlah Pengunjung
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterhari ini13
mod_vvisit_counterkemarin64
mod_vvisit_counterminggu ini323
mod_vvisit_counterbulan ini540

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Salam sejahtera bagi kita semua

Pertama - tama sebagai insan yang beriman marilah kita memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, karen atas perkenan-Nya kita diberikan kesehatan sehingga dapat melaksanakan tugas-tugas negara dengan sebaik-baiknya.

Salah satu kegiatan penting dalam kegiatan perencanaan pembangunan daerah adalah menentukan program dan kegiatan pembangunan yang dapat menjawab permasalahan yang dihadapi. Oleh karena itu sebelum menentukan program dan kegiatan pembangunan tertentu perlu dilakukan identifikasi kondisi perekonomian makro daerah.

Dalam melihat kondisi daerah Kabupaten Purworejo perlu dilakukan identifikasi berbagai permasalahan yang ada. Dalam hal ini analisis dapat dikelompokkan dalam dua kategori, yaitu yang mendukung potensi daerah dan yang dibutuhkan oleh daerah. Potensi daerah menunjukkan berbagai sumber daya yang dapat digunakan untuk meningkatkan kegiatan perekonomian di daerah. Sedangkan kebutuhan daerah menunjukkan seberapa jauh daerah dapat menyerap berbagai sumber daya yang berada di dalam maupun diluar daerah tersebut.

Pembangunan ekonomi di Kabupaten Purworejo perlu di dahului dengan perencanaan pembangunan ekonomi daerah, sedangkan untuk merencanakan pembangunan ekonomi daerah tersebut sangatlah diperlukan analisis potensi ekonomi daerah yang akurat. Sedangkan yang dimaksud potensi ekonomi daerah adalah kemampuan ekonomi yang ada di daerah yang mungkin dan layak dikembangkan menjadi sumber penghidupan masyarakat setempat bahkan dapat mendorong perekonomian daerahsecara keseluruhan. Jadi dalam hal ini ada kaitan yang jelas antara analisis potensi ekonomi daerah dengan perencanaan pembangunan ekonomi derah.

Mulai tahun 2008 Pemerintah Kabupaten Purworejo telah melakukan kegiatan Pemetaan Potensi Ekonomi Daerah sebagai bahan perencanaan pembangunan daerah yang dimaksudkan untuk menghasilkan sari informasi dan pengetahuan tentang faktor - faktor produksi (ekonomi) daerah secara benar dan tepat guna mendukung kebijakan dan strategi pembangunan daerah. Pembangunan daerah (regional development) di kabupaten Purworejo merupakan upaya pencapaian sasaran Pembangunan Jangka Menengah Daerah yang telah ditetapkan dan dimulai pada awal terpilihnya Bupati Purworejo sesuai dengan masalah, potensi, aspirasi dan prioritas masyarakat kabupaten Purworejo. Sesuai dengan arah pengembangan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Purworejo, pembangunan dititikberatkan pada pembangunan bidang ekonomi.

Demikianlah sambutan kami, harapan kami masyarakat dan dunia usaha dapat memanfaatkan informasi potensi daerah Kabupaten Purworejo ini dan atas saran - saran yang masuk dalam web site ini untuk penyempurnaan substansi diucapkan terima kasih.

KEPALA BAPPEDA

KABUPATEN PURWOREJO

 

Drs. Said Romadhon